Kamis, 24 Juli 2014

Membuat Animasi Display Picture Blackberry Messenger (BBM) Sendiri Dengan Menggunakan Photoshop CS3

Salam Ceria Palcomster,
Blackberry… siapa yang tidak mengenalnya, salah satu smartphone popular di republik ini. Blackberry messenger (BBM) merupakan salah satu aplikasi yang paling digemari dalam menggunakan BBM, bagi para pengguna setia pasti mengenal istilah-istilah dalam dunia per-BBM-an. Salah satunya adalah display picture atau sering dikenal dengan istilah DP BBM. Kalau selama ini kita hanya sebagai “pemakai’ animasi DP BBM tersebut, sekarang saatnya kita membuat animasi DP BBM sendiri dengan menggunakan photoshop CS3. Ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1

Buka File Photoshop, masukkan gambar sebagai background  file : soekarno.jpg
soekarno1

Langkah 2

Buatlah persegi hitam dengan menggunakan rectangle tool menggunakan warna abu-abu #272424, atur fill gambar menjadi 65%.
soekarno2

Langkah 3

Buatlah teks seperti dibawah ini dengan menggunakan font : impact, level teks merah #9f0909 dan level teks putih #fbfafa.
soekarno3

Langkah 4

Duplikasi teks “bermimpilah…” dan beri nama layer “copy bermimpi”. Pada layer ”copy bermimpi”, Ubahlah warna teks merah menjadi putih dan putih menjadi merah.
soekarno4

Langkah 5

Pilih Menu Window dan pilih animation, muncul kotak dialog seperti dibawah ini, pilih duplicates Selected Frame, dan atur durasinya menjadi 0,5 sec.
soekarno5

Langkah 6

Pastikan Frame 1 dalam keadaan aktif, pastikan Panel layer “bermimpilah..” yang disorot, dan untuk layer “copy bermimpi”  dinonaktifkan dengan cara klik icon bergambar mata. Lakukan hal yang serupa pada frame 3.
soekarno6

Langkah 7

Sedangkan pada frame 2 dalam keadaan aktif, lalu pastikan Panel layer “copy bermimpi” yang disorot, dan untuk layer “bermimpilah..”  dinonaktifkan dengan cara klik icon bergambar mata. Lakukanlah hal yang sama pada frame 4.
soekarno7
Pada animasi frame, untuk melihat hasilnya pilih play animation.
Simpan file menjadi format gif, pilih menu file > save for web & device. Pastikan format yang dipilih adalah gif. Pilih save dan type penyimpanannya adalah (*.gif) .
soekarno
File yang sudah tersimpan dalam format gif tersebut bisa dicopy ke perangkat blackberry dan bisa dijadikan sebagai DP BBM. Kreatifitas Palcomster bisa menggembangkan tutorial ini menjadi lebih bagus. Selamat mencoba Palcomster, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar