Kamis, 24 Juli 2014

Membuat Powerbank Sendiri

Halo warga PalComTech, apa kabar semuanya ? pasti luar biasa kan ?.
Teman-teman pastinya tahu kan dengan Power bank ?. Ya, Power bank adalah sebuah alat untuk menyimpan energi. Banyak juga yang menyebut power bank sebagai portable charger, yakni alat untuk mengisi ulang gadget ketika kita sedang bepergian (on the go). Saat ini harga sebuah power bank berkisar dari Rp 200.000 – Rp 600.000. Sangat mahal bukan? nah, untuk teman-teman yang sedang menghemat koceknya, saya akan memberikan tips sederhana dan jitu untuk membuat sendiri Power bank.
Silahkan teman-teman siapkan ini :
  1. Dudukan 4 batterai, harganya sekitar Rp. 5.000 – Rp.15.000
  2. 4 buah batterai “eneloop”, kenapa batterai “eneloop” karena mAh nya besar.
  3. Kabel USB/ USB hub
  4. Casing , ini bebas sesuai kreatifitas kita.. bisa ditambahkan dengan motif batik atau motif sesuai keinginan kita.. kan ga enak dilihat kalau PowerBank buatan kita seperti membuat Praktek Listrik Hehehe
Berikut ini gambarnya setelah jadi.
Screen shot 2013-06-12 at 9.22.00 AM
Perhatikan dalam membuat power bank sederhana ini yaitu cukup hanya gunakan 4 dudukan batterai hindari menggunakan 8 dudukan baterrai karena hal ini bisa melebihi kapasitas smartphone. Kenapa bisa begitu? karena, karena 1 baterai itu tegangannya 1.5 Volt, (1.5 x 4 = 6 Volt ) biasanya tegangan yang digunakan charger handphone maksimal 5 volt. Coba anda bayangkan, jika anda menggunakan 2 x dudukan 4 batterai x 1.5 volt = 12 VOLT. Tegangan lebih dapat mengakibatkan komponen IC dalam HP / gadget anda rusak dan akhirnya anda akan bertanya “Kenapa Gadget saya tidak mau di charger ya ?”.
Pastinya anda tidak mau juga kan melihat gadget anda menjadi barang rongsokan ?. Maka dari itu, jangan pernah melebihi kapasistas yang sudah ditentukan. Nah segitu aja sobat PalComSter Info dan Tips dari saya… Semoga teman-teman PalComSter menjadi Kreatif. Salam PalComSter  100% Praktek 100% Internet !.
Sumber : http://ow-gitu.blogspot.com/2013/04/tips-membuat-sendiri-power-bank.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar