Rabu, 23 Juli 2014

Screenshot Halaman Website Secara Utuh Dengan Awesome

Menurut wikipedia Screenshot adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau peranti keluaran visual lainnya. Screenshot halaman web sangat dibutuhkan untuk menampilkan halaman website secara utuh, biasanya jika kita mau schreenshot halaman website dengan cara mengklik tombol Prt Sc lalu paste pada dokumen office atau foto editor.Pada saat kita Prt Sc halaman website yang bisa kita dapatkan hanya sebagian saja. Apabila kita mau mendapatkan halaman website secara utuh maka kita harus mengedit potongan-potongan halaman website tersebut menjadi utuh dengan menggunakan foto editor seperti : Photoshop, Paint,seperti tampilan halaman web sebenarnya.Berikut gambar yang di Prt Sc.
screenshot1
Untuk mendapatkan gambar secara utuh kita menggunakan toolsAwesome Screenshot Plus -Capture, Annotate & More dari mozzila, sebelumnya kita download terlebih dahulu awesome mozila https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/awesome-screenshot-capture-/setelah selesai mendownload instal awesome. Setelah proses instalasi selesai maka tools awesome akan tampil pada bagian atas kanan mozila, tampilan seperti di bawah ini :
awesome2
Apabila diklik icon tools awesomemaka akan tampil submenu sebagai berikut :
awesome3
Langkah-langkah Screenshot halaman website sebagai berikut :

Langkah 1

Buka halaman website yang akan di Screenshot kemudian Klik Icon Tools icon tools awesome.

Langkah 2

Pilih Capture Full Page.
awesome4
Tampil New Page Annotate Your Screenshot, terdapat tools (crop, Rectangle, Ellipse, Arrow, Line, Free Line, Blur, Text, Choose Color) apabila akan dilakukan pengeditan pada halaman website tersebut.

Langkah 3

Klik Done setelah selesai pengeditan halaman website selanjutnya Klik Save, tentukan lokasi penyimpanan  Screenshot  halaman website.
awesome5
Pada File Name : Ketik nama gambar, Klik Save.

Langkah 4

Cara memasukkan File Screenshot halaman web Pada Microsoft. Word  yaitu buka aplikasi Microsoft word kemudian pilih insert dan pilih file gambar. Maka tampilan screenshot halaman website dengan menggunakan tools awesome sebagai berikut :
PalComTech Student Portal - Kuliah Komputer PalComTech Aja 2014-03-12 12-56-25
Demikian tutorial Screenshot halaman website secara utuh dengan awesome. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar