Kamis, 24 Juli 2014

Rekam Aktivitas Tampilan Desktop dengan CamStudio


Yow! Jumpa lagi dengan tutorial terbaru dari saya. Kali ini saya akan menjelaskan cara merekam aktivitas tampilan desktop dengan cara merekamnya dengan aplikasi bernama CamStudio. Hasil akhir dari aplikasi ini nantinya akan menjadi sebuah video rekaman yang telah dikerjakan selama proses record/ merekam. Baiklah, ayo langsung dibahas bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan program ini.

Langkah 1

Program ini bersifat open source, jadi bisa didownload secara gratis di camstudio.org.
camstd_1

Langkah 2

Setelah program didownload, segera lakukan penginstalan program ini pada komputer. Hati-hati, ketika melakukan penginstalan, pastikan hanya memilih program CamStudio yang diinstall. Selain program tujuan, maka program lainnya diDecline atau ditolak penginstalannya.
camstd_2
camstd_3 camstd_4 camstd_5 camstd_6

Langkah 3

Beberapa efek yang mungkin tidak diinginkan pada penginstalan program ini adalah, apabila anda Accept/ menyetujui semua penginstalan program sebelumynya, maka komputer anda akan dipenuhi program yang dimengerti bahkan tidak diperlukan pada komputer anda.
Ada satu yang tidak dapat dihindari pada proses penginstalan sebelumnya, yaitu MySerchDial. Program ini akan mempengaruhi program browser seperti Mozila Firefox. Untuk melepasnya lakukan saja remove pada setting Addons.
camstd_7
camstd_8

Langkah 4

Apabila masalah di atas telah selesai. Mari kita coba program utama yang telah kita install ini. Dilihat dari user interface/ tampilan pada program yang kita install ini ada bagian-bagian yang perlu kita pahami maupun kita setting pada program ini. Pelajari dan perhatikan tampilan dari user interface dari program ini.
camstd_9
camstd_10
camstd_11

Langkah 5

Lakukanlah beberapa uji coba pada program ini untuk merekam aktivitas kerja pada komputer anda. Mulailah merekam dengan menekan tombol record dan tekan tombol stop untuk menyudahi proses merekam. Hasil akhir dari proses merekam aktivitas ini adalah anda akan diminta di mana hasil akhir dari proses merekam tadi akan disimpan, klik “save” untuk mnyimpan rekaman yang Anda buat.
camstd_12
Demikian tutorial program CamStudio ini. Sampai jumpa lagi  ditutorial saya yang lainnya di lain kesempatan. See ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar